Seputar Kopi

Manfaat dan Bahaya Minum Kopi


Kopi adalah teman yang paling setia menemani saat begadang mengerjakan tugas. Berbicara mengenai kopi, banyak orang yang masih berpendapat bahwa kopi buruk bagi kesehatan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Kopi, asalkan dikonsumsi secara bijak, sebenarnya justru bermanfaat bagi kesehatan. Apa pun, bukan hanya kopi, bila dikonsumsi berlebihan pasti tidak baik. Tapi, sebenarnya amankah mengonsumsi kopi terutama bagi para kaum wanita? Nah, pada kesempatan ini, saya akan sedikit mengulas tentang manfaat dan juga bahaya minum kopi bagi para wanita. Tapi, sebelum itu, saya akan membahas tentang kandungan yang ada dalam kopi terutama kafein. Semoga bermanfaat J
Kandungan Kopi
Selain protein, larutan kopi mengandung asam chiorogen, pembangkit chlor, yang merangsang keluarnya asam chlorida dalam lambung. Juga kandungan kafein, yang bisa memacu peredaran darah. Namun dalam konsentrasi yang peka, kafein murni bisa menjadi racun.
Ketika kita berbicara tentang kandungan kalori yang tinggi pada kopi, pada dasarnya kita berbicara tentang bahan tambahan yang dimasukkan ke dalamnya. Kafein adalah zat kimia yang pahit dan produk-produk yang mengandung kafein akan menjadi pahit pula. Kita cenderung untuk membuat rasanya menjadi manis, dengan menambahkan susu, gula atau sirup.
Alhasil semakin banyak volume minuman kopi yang disajikan, maka semakin banyak susu atau bahan lain yang akan ditambahkan. Kafein adalah kristal putih alkaloida xantina yang pahit, merupakan obat stimulant psychoactive. Kafein ditemukan oleh seorang ahli kimia Jerman, Friedrich Ferdinand Runge, pada tahun 1819. Ia menemukan istilah kafein, suatu campuran kimiawi di dalam kopi (Kaffee dalam bahasa Jerman), yang di dalam bahasa Inggris menjadi caffeine. Seperti diketahui banyak orang, kafein adalah komponen kimia paling kuat di dalam kopi atau teh.
Dimana kafein menyebabkan perubahan bahan kimia di otak, sebagian besar dengan 2 jalan. Ia meniru adenosina, dan mengikat semua reseptor adenosina di dalam otak. Hal ini mencegah adenosina yang asli melakukan pekerjaannya, bertindak untuk melambatkan rangsangan saraf dan menyebabkan keadaan mengantuk. Maka otak akan menjadi lebih siaga.
Kopi dan kafein mempunyai efek tidak baik jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Maka, jika mengkonsumsi lebih dari 150 mg kafein, dapat menghadapi masalah kesehatan yang serius. Simptom akut dan kronis seperti anoreksia, tremor, kegelisahan, gugup, sulit tidur, dan lain-lain.
Berikut beberapa manfaat kafein yang ditemukan peneliti:

  1. Menstimulasi otak dan sistem saraf.
  2. Membantu bisa berpikir lebih cepat.
  3. Mencegah gigi berlubang.
  4. Mengurangi derita sakit kepala.
  5. Melegakan nafas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
  6. Membuat badan tidak cepat lelah.
  7. Meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
  8. Meningkatkan penampilan mental dan memori.
  9. Menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
  10. Melindungi jantung dan kanker.
  11. Mengurangi risiko mengidap diabetes.
  12. Mancegah Parkinson dengan meminum kopi secara teratur.
  13. Membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria.
Untuk penyelidikan lebih lanjut, penelitian yang dipimpin oleh Dr Chang-Hae Park dari National Cancer Center di Goyang, Korea Selatan telah mengumpulkan 12 hasil studi mengenai asupan kopi terhadap risiko kanker prostat. Kopi mengandung lebih dari seribu bahan kimia, memiliki efek antioksidan sehingga melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker.
Meminum secangkir kopi dinilai sangat baik bagi para atlit lari jarak jauh atau olahraga lain yang membutuhkan ketahanan fisik untuk jangka waktu yang panjang. Dr Rob James, seorang peneliti dari Department Biomolecular and Sports Science University of Coventry, Inggris mengatakan, kopi sangat baik untuk aktivitas yang membutuhkan otot. Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa kafein mengubah metabolisme tubuh dan meningkatkan jumlah gula darah - merangsang otak dan menyediakan lebih banyak bahan bakar untuk otot. Hal ini juga muncul untuk membuat sel-sel otot berkontraksi lebih efisien.
Manfaat Minum Kopi
  1. Melawan depresi
Sebuah penelitian menumukan adanya hubungan antara depresi dengan minum kopi. Apalagi pada wanita yang sering kali mendapatkan depresi oleh beberapa kegiatan sehari-hari. Kandungan kopi dapat membantu meminimalisir depresi. Bagi yang mengkonsumsi kopi akan mengurangi 10 persen depresi dari pada mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Meskipun kandungan kafein terdapat pada soda, akan tetapi penelitian ini tidak menemukan hubungan antara minuman soda dengan penurunan depresi dikarenakan kandungan gula yang terlalu tinggi. Sehingga untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat kopi sebaiknya kurangi kandungan gula yang berelebih.
  1. Menghindari stres dan putus asa
Pada sebuah penelitian, wanita yang mengkonsumsi maksimal 2 cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri pada wanita. Aroma kopi diyakini mempunyai peranan dalam mengurangi stress karena memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. Walaupun demikian para peneliti mengingatkan bahwa mengkonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiap hari akan merugikan kesehatan anda.
  1. Menjaga kesehatan hati
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat membatu kesehatan hati. Konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan kanker.
  1. Dapat membantu anda menurunkan berat badan
Kandungan kafein yang dikonsumsi dengan tepat dapat membantu anda dalam menekan nafsu makan. Kehilangan cairan di dalam tubuh karena mengkonsumsi kafein akan mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi, meskipun demikian cairan harus segera digantikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Beberapa suplemen atau pengobatan yang menggunakan kandungan kafein dalam penurunan berat badan harus menggunakan resep dokter, sehingga tidak mengangu kesehatan organ tubuh yang lain.
  1. Dapat menurunkan risiko diabetes tipe II
Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetestipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak. Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%.
Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa. Kandungan kromium dan magnesium dapat membantu menekan resiko diabetes tipe II. Meskipun demikian bagi anda yang mengkonsumsi kopi sebaiknya memperhatikan jumlah gula yang digunakan dalam kopi anda.
  1. Menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson
Kopi dapat membantu anda dalam berkonsentrasi dan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi memiliki risiko sampai 60 persen lebih rendah dari Alzheimer dan demensia.
  1. Kopi dapat menangkal kanker kulit
Kopi tidak saja membuat anda memiliki suasana hati yang baik akan tetapi dapat membantu melawan penyakit yang berbajaya seperti kanker . Resiko kanker kulit dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat. Wanita yang minum dua cangkir dalam sehari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.
  1. Mencegah Seseorang Terkena Batu Ginjal
Menurut pakar peneliti yang bertempat di Harvard, mereka melakukan penelitian tentang kopi, dan alhasil merekapun mengumumkan bahwa untuk seorang wanita yang mau meminum kurang lebih 2-3 cangkir kopi sehari, berarti mereka telah mengurangi resiko terkena serangan penyakit batu ginjal sebesar 25%, penelitian ini dikuatkan oleh beberapa ahli peneliti yang tersebar didunia lainnya.
  1. Mencegah Kanker
Menurut beberapa riset yang dilakukan secara konsisten bahwa dengan meminum kopi sekitar 2-3 cangkir dalam sehari, dapat mengurangi risiko terserang penyakit kanker, adapun penyakit kanker yang dapat terminimalisir adalah kanker hati, kanker usus besar, dan kanker yang terjadi pada wanita (kanker yang menyerang bagian buah dada).
  1. Mencegah Penyakit jantung dan stroke
Dengan mengkonsumsi rutin 2-3 cangkir kopi ternyata tidak meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit jantung dan stroke.  Malah Sebaliknya, dengan mengkonsumsi kopi dapat mencegah dan mengurangi resiko seseorang terkena stoke. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada sekitar 83.000 wanita diseluruh dunia, bahwa wanita yang berusia 24 tahun keatas dapat meminimalisir resiko terkena penyakit stroke hingga 19% hanya dengan mengkonsumsi 2-3 cangkir dalam setiap harinya.
  1. Menghambat penurunan fungsi kognitif
Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.
  1. Kopi dan endometriosis
Edward Giovannucci, MD, seorang profesor gizi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health, di Boston yang memimpin penelitian. Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, menambahkan bahwa semakin banyak bukti yang menunjukkan kopi dapat menawarkan lebih banyak manfaat daripada kerugian nya tentang resiko terhadap kanker endometrium.
Para peneliti di Universitas Harvard menganalisis data 67.470 wanita berusia antara 34 dan 59 tahun mereka yang rata-rata minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko 25% lebih rendah terkena kanker endometrium, dan mereka yang minum dua atau tiga cangkir per hari memiliki risiko 7% lebih rendah. Meskipun penelitian tersebut tidak membuktikan bahwa minum kopi langsung bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker, para peneliti mengatakan hal tersebut hubungan dengan sebab dan akibat yang masuk akal.
  1. Manfaat kopi tanpa kafein
Donald Hensrud, MD, ketua pengobatan pencegahan di Mayo Clinic, di Rochester, Minnesota. Diperkirakan lebih dari beberapa ribu zat dan komponen yang berbeda dalam kopi, banyak yang bersifat antioksidan, seperti asam klorogenat juga mempunyai peran terhadap resiko menurunkan kanker endometrium.
Dalam studi lain dijelaskan bahwa kopi tanpa kafein tampaknya lebi besar perannya menurunkan risiko kanker endometrium pada wanita, Tetapi ini tidak sepenuhnya jelas bagaimana minum kopi dapat meningkatkan kesehatan, karena para peneliti memiliki data yang terlalu sedikit pada peminum kopi tanpa kafein untuk mendapatkan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan.
Tapi selain adanya beberapa manfaat di atas, kopi juga dapat berbahaya bagi tubuh kita. Apa sajakah bahaya tersebut? Mari kita lihat bersama
Bahaya Minum Kopi
  1. Efek samping kafein
Mayo Clinic menganjurkan jangan minum lebih dari 500 mg sampai 600 mg kafein sehari. Satu cangkir isi 230-240 ml kopi medium roast mengandung sekitar 200mg kafein. 1 saji espresso mengandung sekitar 75 mg, dan teh hitam 240 ml mengandung 120 mg kafein.
Menurut Mayo Clinic, bisa terjadi efek samping jika minum kopi lebih dari 600 sampai 900 mg kafein perhari. Efek samping yang terlihat terdiri atas insomnia, gelisah, mual, denyut jantung tidak beraturan, otot tremor, ansietas, dan sakit kepala. Kafein sendiri bisa berdampak buruk pada sistem kardiovaskuler tubuh seperti adanya peningkatan denyut jantung dan memicu meningkatnya tekanan darah.
Lagi pula pada kenyataannya terlalu banyak kafein bisa berakibat fatal. Menurut sebuah kasus yang diterbitkan oleh dokter dari Swedia dalam Acta Anaesthesiologica Scandinavica tahun 2010, seorang perempuan yang berumur 21 tahun menderita serangan jantung ( cardiac arrest ) sesaat sesudah minum sekitar 10.000 mg kafein. Ia sempat dirawat dan tiga hari kemudian tidak lagi memberikan respons pada obat atau bantuan medik.
Sebagai stimulan (zat perangsang) buatan, kafein berlebihan dapat menganggu keseimbangan kandungan lemak, tekanan darah dan sekresi asam dalam darah. Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah, penyakit hati bahkan menyebabkan kemandulan.
Sebuah jurnal penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Mayo Clinic Proceedings menunjukkan bahwa jika seseorang di bawah usia 55 tahun meminum lebih dari 4 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan sebesar 20% meninggal dalam waktu 17 tahun ke depan.
Kafein yang terkandung dalam biji kopi dapat merangsang sistem saraf pusat yang menyebabkan kecemasan dan kegelisahan. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak setiap hari dapat menguras kelenjar adrenal, menurunkan daya tahan terhadap stress dan membuat lebih rentan terhadap penyakit.
Konsumsi berlebihan kafein dapat berpengaruh pada masalah kesuburan dan bahkan resiko keguguran. Sejumlah penelitian telag mengungkapkan bahwa konsumsi kafein oleh wanita hamil dapat menyebabkan berat badan lahir rendah.
Kafein dikenal untuk memicu pelepasan glikogen oleh hati, yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah. Kondisi ini juga dikenal Hipoglikemia (gula daah rendah) dapat menyebabkan kelemahan, gugup berkeringat dan jantung berdebar-debar.
  1. Gangguan asam lambung
Mengkonsumsi kopi dapat memicu sekresi asam lambung sehingga serangan gangguan pencernaan dan mulas. Pada orang dengan riwayat masalah perut, bahkan kopi tanpa kafein dapat menyebabkan mulas. Tapi, di satu sisi kopi dapat membuat mulas tapi kopi juga dapat digunakan untuk melancarkan buang air besar.
  1. Ketagihan
Zat addiktif yang terkandung dalam biji kopi akan membuat orang menjadi ketergantungan. Bagi mereka yang pecandu kopi akan merasa sangat lemah dan lesu jika mereka tidak mendapatkan kopi yang sesuai takaran konsumsi. Menghentikan kebiasaan minum kopi bagi para pecandu akan berefek seperti gejala stre dimana akan merasakan sakit kepala, kelelahan, sulit berkonsentrasi dan depresi meski bersifat sementara.
  1. Mengganggu kesehatan tulang dan meningkatkan kadar LDL
Terlalu sering minum kopi dengan jumlah berlebihan setiap harinya akan menyebabkan penebalan kolesterol dalam darah serta kemungkinan potensi pengeroposan tulang. Asupan berlebihan kopi mengganggu penyerapan yang tepat nutrisi dan mineral oleh tulang, menigkatkan resiko osteoporosis. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita pasca-menopause menemukan bahwa minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari dapat menyebabkan kepadatan tulang menurun. Namun penambahan susu ekstra untuk kopi hitam adalah salah satu cara untuk mencegah melemahnya tulang.
  1. Dehidrasi
Kopi adalah diuretic kuat dan setelah itu lebih dapat menyebabkan dehidrasi. Kafein juga dapat bersifat diuretik, yaitu mendorong pengeluaran air dalam tubuh, juga menyebabkan vasodilasi, pengeluaran keringat serta pengeluaran asam gastrat yang menyebabkan perut menjadi panas.
Banyak orang yang memiliki lebih dari 5-6 cangkir kopi per hari mengeluh dehidrasi dan gangguan kesehatan terkait. Dehidrasi juga membuat kulit menjadi kering sehingga lebih rentan keriput.
  1. Gangguan tidur atau insomnia
Mengapa kopi bisa membuat kita sulit tidur? Nah, di otak kita ada sebuah senyawa yang disebut adenosine. Senyawa ini bertanggunga jawab dalam pembentukan perasaan lelah dan mengantuk. Sedangkan kafein memiliki mekanisme kerja memerangi fungi senyawa adenosine tersebut, sehingga jika kita mengkonsumsi kopi dalam jimlah tertentu kita akan susah tidur. Karena sifat kafein yang membalik pengaruh adenosine inilah, setelah meminum kopi kita akan merasa segar, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang serta tekanan darah naik. Hati juga akan melepaskan glukosa yang merupakan sumber energy utama bagi sel-sel tubuh kita.
Dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas. Terlepas dari kebiasaan pecandu kopi yang seringkali menambahkan susu, krim dan gula bahwa kopi ternyata dapat menyebabkan penambahan berat badan karena kandungan kafein dapat merangsang produksi hormone yang merangsang nafsu makan dan keinginan untuk makanan berkalori tinggi. Meskipun kafein dikenal untuk membantu dengan jangka pendek penurunan berat badan, dalam jagka panjang konsumsi berat lebih cenderung menyebabkan penambahan berat badan.
  1. Gangguan pada gigi
Minum kopi dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang dan menyebabkan gigi menjadi kuning. Selain itu, kopi juga dapat menyebabkan nafas menjadi lebih berbau tidak sedap.
Kesimpulan
Meskipun sudah cukup jelas apa saja manfaat dan juga bahaya minum seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita tetap harus bijak dalam mengkonsumsi kopi ini. Belum ada yang bisa memastikan bahwa kopi dapat bermanfaat bagi wanita terhadap resiko penyakit kanker endometrium, karena kandungan zat yang terkandung dalam secangkir kopi berbeda beda disetiap komposisinya.
Seluruh penelitian hingga saat ini belum bisa dikatakan sebagai hal yang final. Ini menunjukkan, bahwa para ahli kesehatan sendiri tak sepenuhnya melarang mengkonsumsi kopi. Tetapi disarankan untuk mengkonsumsinya secara wajar.
Cara yang paling efektif bagi wanita untuk mendeteksi kanker endometrium adalah mendeteksi bentuk perdarahan pada saat menstruasi yang tidak teratur dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika melihat sesuatu yang aneh.
Lalu bagaimana dengan Anda para penikmat kopi menyikapinya?
Manfaat kopi sangat baik bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara baik dan tidak berlebihan. Meminum kopi cukup 1 -2 cangkir sehari kita sudah mendapatkan manfaatnya.
 










Sumber :
Anonim. _____. Bahaya Dibalik Manfaat Minum Kopi Yang Belum Anda Ketahui http://www.akusehatku.com/2013/08/bahaya-dibalik-manfaat-minum-kopi.html Diakses pada 12 Desember 2013
Anonim. 2012. Manfaat Kopi Bagi Untuk Wanita. http://www.manfaatkopi.com/manfaat-kopi-bagi-untuk-wanita/ Diakses pada 12 Desember 2013
Anonim. 2013. Bahaya Minum Kopi Jika Berlebihan. http://www.manfaatkopi.com/bahaya-minum-kopi-jika-berlebihan/ Diakses pada 12 Desember 2013
Kurniantoro, Andika. 2013. #TanyaSains: Apa Bahaya dan Manfaat Minum Kopi?. http://sains.me/1532/tanyasains-apa-bahaya-dan-manfaat-minum-kopi.html/ Diakses pada 12 Desember 2013.

Sriyono, 2013. Bahaya Kopi bagi Wanita http://manfaatkopiradixsinergis.blogspot.com/2013/08/bahaya-kopi-bagi-untuk-wanita.html Diakses pada 12 Desember 2013

¡Compártelo!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar

 
NIM 069 Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger